Perusahaan Keramik Dinikoe Souvenir

Statistik Blog

Advertisement

Traffic Situs/Blog

Link Exchange Code

Budidaya Tanam/Hewan

Resep Industri Kecil

Hobi

Berita Harta Karun

Wisata Gunung Bromo

Wisata Gunung Bromo

Gunung Bromo Berada di dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Ngadisari, Sukapura. Gunung Bromo tidak hanya terkenal di kawasan Probolinggo saja atau di Indonesia, akan tetapi terkenal di seluruh dunia dan telah menjadi agenda kunjungan wisata bagi turis manca negara. Setiap saat, kapan pun Anda berkunjung ke wisata Gunung Bromo, Anda akan melihat pemandangan alam dingin nan sejuk dan tidak pernah sepi dari kunjungan para turis, bahkan mereka betah berhari-hari tinggal disana.


Untuk mencapai puncak Gunung Bromo,  harus melalui lautan pasir yang menyapa dengan lembut di kaki-kaki sobat semua, namun selain dengan jalan kaki, bisa menunggang kuda yang telah disediakan oleh penduduk setempat atau dengan kendaraan jeep. Tetapi jalan kaki adalah cara terbaik untuk menuju puncak gunung Bromo yang telah berbentuk kawah dengan asap berbau belerang, akan menambah tantangan tersendiri.


Selama perjalan di lautan pasir, Anda bisa melihat pemandangan yang menakjubkan dari salah satu gunung yang berdiri gagah perkasa, gunung Batok. Setelah melewati lautan pasir, Anda akan meniti tangga untuk menuju puncak Gunung Bromo, dan menyaksikan pemandangan alam nan indah dari atas puncak, termasuk kawah berasap dan menyaksikan terbitnya matahari. Selain itu, Anda bisa turun ke kawah gunung Bromo, melihat bunga Edelweis dan mengabadikannya disekitar kaki gunung Bromo. Anda juga bisa mendirikan camp perkemahan bersama keluarga, teman-teman di kawasan lava view dan menikmati indahnya langit malam.


Di gunung Bromo juga terdapat tradisi rutin masyarakat suku tengger yang memeluk agama Hindu. Upacara tradisi rutin tersebut dikenal dengan sebutan Upacara Kasada. Biasanya diadakan pada bulan Desember. Pada saat upacara tradisi digelar, banyak turis domestik dan manca negara menyaksikannya, hingga gunung Bromo seperti layaknya lautan manusia.



Tentang Gunung Bromo
Gunung Bromo berada dikawasan pelestarian alam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), merupakan Taman Nasional paling spektakuler dan paling mudah dikunjungi diantara Taman Nasional lainnya yang ada di Indonesia. Terletak antara 1.000 – 3.676 meter diatas permukaan air laut. Wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terletak pada rangkaian pegunungan berapi yang merupakan salah satu dari rangkaian besar pegunungan yang terbentang sepanjang Pulau Jawa.


Dibagian utara pegunungan Tengger terdapat kaldera Tengger yang sangat indah dan menarik, garis tengahnya mencapai 8-10 kilometer, sedang dindingnya yang terjal dengan ketinggian antara 200–700 meter. Dasar Kaldera Tengger berupa lautan pasir seluas 5.290 ha, terdapat Gunung Bromo (2.392 m), Gunung Batok (2.470 m), Gunung Kursi (3.392 m), Gunung Watangan (2.601 m), dan Gunung Widodaren (2.600 m).


Gunung Bromo merupakan gunung yang masih aktif yang pada waktu tertentu mengeluarkan asap. Disamping untuk tujuan pariwisata, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru berfungsi pula untuk : Penelitian, Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Pendidikan, Konservasi dan Pembinaan Cinta Alam.


Pintu gerbang utama menuju ke Lautan Pasir dan Gunung Bromo melalui Cemorolawang. Kawasan ini merupakan daerah wisata yang paling ramai terutama pada hari libur. Beberapa aktivitas dapat dilakukan di daerah ini antara lain : berkemah, menikmati pemandangan alam, berkuda menuju Lautan Pasir atau berjalan kaki. Untuk mencapai puncak Gunung Bromo dapat menaiki tangga yang telah disediakan.


Dan salah sau daya tarik dari gunung Bromo adalah pemandangan matahari terbit di Gunung Bromo yang sangat indah dan untuk menikmatinya sobat blogger dapat berangkat dari Cemorolawang pada jam 04.00 WIB.

Lokasi Gunung Bromo
Untuk mencapai daerah Cemorolawang digunakan rute :
Probolinggo – Sukapura – Ngadisari kurang lebih berjarak 42 km dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum sampai Ngadisari. Sedangkan dari Ngadisari – Cemorolawang kurang lebih 3 km dapat berjalan kaki, menunggangi kuda atau dengan kendaraan Jeep.

Pengunjung

Flag Counter
 

Copyright © 2009 by Produk Hasil Laut, Kerupuk Ikan, Tenggiri, Rengginang, Perusahaan, Distributor, Supplier, Camilan